Thursday, September 20, 2012

Bersalah



Hola Humbala Heho ! Udah lama nih gua membiarkan blog ini menjadi usang menari-nari bersama sarang laba-laba hahaha. Iyah nih, tugas kuliah yang hobi menekan, jadwal syuting yang nggak ada jeda serta macet yang melanda (okeh ini nggak nyambung !). Apa kabar lu ? setelah ditinggal lama sama pengasuh blog yang cuntik dan memberikan kehangatan untuk kalian, pemirsah, pembaca, pemikir, pemimpin, pengamen, dan pesugihan :ngakak . Semoga masih dalam keadaan sehat, tetap beriman kepada Allah SWT dan yang pasti still menjomblo :p (sabar yah, mblo :k ).

Udahlah nggak perlu sedih apalagi gelisah ! Kali ini gua akan ngebahas yang seneng-seneng tauuuuuu. Hah ? Ciyus, lun ? Enelan ?| Ciyus dong ! Ca oong cih ! *backsound: The AATS-Ca Oong Cih*. Udah terlalu lama Bangsa Indonesia khususnya para remaja larut dalam kata galau dan gontai, oleh karena itu, Gua Fadlun Usman Alhabsyi akan mencoba menghapus kata-kata tersebut dari hati umat manusia dan melaksanakan perubahan ! (gayamu lun macem pejabat aja pake janji-janji :D ). Boong deh ! ahahahahah Gua boong tau ! lalalalalalala~. Gua malah mau membawa lu lu semua terombang-ambing dengan perasaan melankolis, jadi buat lu lu yang ga kuat iman jangan coba-coba baca postingan blog ini !!!

Apa bagian terdalam dari hati lu, lu pernah merasakan sesuatu yang nggak pernah mungkin terdeskripsikan dan nggak mungkin terbantahkan ? Apa pernah lu selalu ingin marah tanpa alasan yang jelas ? sensitif dengan kata-kata atau ucapan orang yang sebenernya nggak bermaksud menyinggung lu ?  Mencoba mencari jawaban tapi sulit menemukan ?. Yah, itu adalah BERSALAH ! Setiap manusia nggak akan luput dari rasa bersalah, mungkin perasaan itu nggak enak, tapi setidaknya dengan lu merasakan itu, berarti lu masih memiliki sisi kebaikan. Kenapa ? Karena dengan merasa bersalah berarti lu menyadari bahwa lu telah melakukan kesalahan kemudian lu akan mampu meminta maaf. Atau dengan merasa bersalah, lu nggak akan berlaku sombong, akan lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT, akan lebih berusaha lebih giat lagi. Intinya bersalah mampu membawa lu ke arah lebih positif ;) . WOW banget, lun ! Iyah emang WOW banget !

Sebenernya perasaan bersalah itu apa sih, lun ? | Perasaan bersalah itu ... hmm ... aduh gua itu bukan ahli mendeskripsikan dengan kata-kata yang apik gitu. Jadi gua mau ngejelasin pake bahasa sehari-hari yah ? Ga papa dong ? biasanya kan cewek cantik minta apa aja pasti diturutin jadi sudah seharusnya lu lu nurutin gua, gua kan cantik hahahaha *mati* :maho . Bersalah itu mirip-mirip sama Malu dan Menyesal tapi sebenernya bedaaaaaaa banget nget nget. Malu itu rasa yang akhirnya timbul karena kita melakukan sesuatu yang nggak wajar menurut orang sekitar, contohnya kita sebagai cewek yang nantinya jadi istri akan malu kalo nggak bisa ngasih keturunan atau cowok-cowok yang nantinya jadi suami akan malu karena nggak bisa nafkahin istrinya. Kalo Menyesal itu perpaduan antara sedih, tertekan dan juga malu atas apa yang udah kia perbuat, menyesal itu ada karena kita memikirkan penilaian orang atau dampak yang ditimbulkan atas perbuatan kita. Nah, jadi bersalah apa dong, lun ? | Bersalah itu kesadaran bahwa kita telah melakukan kesalahan atau melanggar sesuatu. Udah lumayan paham dong kalian ? Apah ?! masih belum ?! *zoom in zoom out*. Yaudah gih pada ke penjara ! Wawancara narapidana berkaitan sama perasaan ini, pasti mereka paham betul. Eh tapi jangan wawancara narapidana kasus korupsi soalnya mereka nggak pernah ngerasa bersalah tuh udah nyolong duit rakyat ! :ngakak .

Terus gimana ngatasin perasaan bersalah ini ? Hmmmmmmm, gua bukan orang pinter nih untuk membuat solusi yang cemerlang jadi gua cuma bisa ngasih saran STD alias standar alias biasa banget. Cekidot !
Rasa Bersalah Kepada Orang Lain
Kan tadi gua udah jelasin kalo bersalah ada karena kita sadar udah melakukan kesalahan, nah kalo lu ngelakuin kesalahan sama orang lain ayo dong buru-buru minta maaf sama orang itu. Nggak enak kan hubungan yang tadinya baik-baik aja jadi buruk apalagi itu semua disebabkan sama lu. Masalah dimaafin atau nggak, itu urusan belakangan, yang penting kita udah punya niat baik buat minta maaf. Eiyah, jangan lupa pake tulus ! Percuma lu minta maaf tapi pasang muka kayak mau ngajakin tawuran atau lu pake muka bundadari tapi aslinya nggak tulus. Fake ! Nyebur aja ke laut sana biar dimakan hiu. Huahahahaha.

Rasa Bersalah sama Allah SWT
Lu melanggar hukum Allah ? Contohnya: yang kecil-kecil aja deh, bohong. Emang susah sih untuk nggak bohong, gua pun sampe sekarang susah banget untuk nggak bohong, misalnya gua bohong bilang kalo temen gua cantik dengan dress yang lagi dia pake padahal hueeeeks kayak mba-mba batagor hahaha (ini misalnya doang loh :peace ). Kalo udah salah dan merasa bersalah sama Allah udah pasti lu harus mohon ampun dengan sungguh-sungguh maksudnya berjanji nggak akan ngelakuinnya lagi. Indahnya :) .

Rasa Bersalah sama Diri Sendiri
Ini nih yang paling sakit. Lu ngerasa bersalah sama diri sendiri, misalnya dalam kuliah lu selalu dapet IP  (Indeks Prestasi) ancur. Nah, untuk nebus kesalahan lu, lu harus belajar lebih giat supaya nggak ngulang kesalahan itu dan dapet IP jelek. Ini bukan semata-mata supaya IP lu nggak ancur loh, tapi juga untuk menaikkan taraf kehidupan lu dan pandangan orang ke lu. Dengan memperbaiki diri sendiri ini berarti lu sayang dan menghargai diri lu sendiri itu akan berdampak dengan lingkungan lu, maksudnya, orang lain juga akan menghargai diri lu. Subhanallah :) .

Intinya sih, kalo lu udah tau lu berbuat salah, yah segerakanlah meminta maaf, menebus kesalahan lu dan jangan mengulanginya lagi :) . Tau nggak ? gua nulis postingan ini di perpus fakultas kampus gua, di saat orang lain belajar, gua malah coret-coret blog ini. Okeh nggak ada yang nanya hahaha. Segini dulu yah postingan gua. Dadah :k ;) .

4 comments:

  1. duileeeeeeh bahasannyaaaaa expert meeeeen.. hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. maklum prematur patah hati jadi expert merangkai kata hahaha

      Delete
  2. aku suka nih sama blognya..
    isi blog dan postinganya bagus, menarik dan bermanfaat sakali..:)
    jangan lupa untuk terus menulis menulis yaa..^_^

    oia salam kenal
    kalau berkenan silahkan mampir ke EPICENTRUM
    folloback juga ya buat nambah temen sesama blogger,,tukeran link juga boleh,,makasih..^_^

    ReplyDelete

semakin dikorek semakin hot