Monday, August 1, 2011

Menggantung

           Sesama  Pengurus Osis dilarang pacaran. Hal ini adalah peraturan yang selalu diingat oleh Pengurus Osis SMA Bhakti Nusantara, bila melanggar bukan lagi dikenakan point melainkan diberikan surat keputusan  ( SK 1 ) yang berisikan peringatan agar tidak melangkah lebih jauh, tetapi sesuai  dengan pengalaman yang lalu peringatan ini dianggap remeh, akibatnya perwakilan MPK ( Majelis Permusyawaratan Kelas ) menaikan  tingkat hukuman, yaitu memecat  yang melanggar. Sebenarnya pacaran itu adalah hak yang dimiliki setiap orang dengan menanggung segala resiko yang terjadi, sayangnya sulit sekali menjadikan sebuah ucapan janji menjadi ketegasan sikap yang dijalani apalagi kata ‘ professional ‘. Se-Profesional apapun orang itu, segan dan perasaan dendam akan timbul dalam diri meskipun orang itu tidak ingin mengakuinya. Ketika dua orang yang pernah menjalin hubungan lebih dari seorang teman, kemudian putus atau terjadi konflik yang berakhir dengan permusuhan. Satu patah kata-pun sangat sulit untuk di ucapkan. May be… ‘ Heavy Problem has happened ‘.


            Nekatnya, seorang Wakil Ketua Osis memulai masalah besar ini, entah dengan kesadaran penuh, terkena mabuknya kasmaran atau merasa memiliki  Sembilan nyawa. Rendy mencari informasi tentang Sahara, Pengurus Osis divisi kesenian. Bahayanya, bukan seperti paparazzi memburu berita dengan menyelinap tetapi lewat Nanda, Bendahara Osis sekaligus best friendnya Sahara. Wajah Rendy yang gokil abiz… ngomongin hal serius ‘ pacaran ‘.
“ ya, ampun !! serius ? “ selidik Nanda setelah mendengar cerita Rendy diselingi tawanya.
“ gue suka sama dia. Kira-kira dia gimana sama gue ? “
“ suka ? “ Nanda tertegun sejenak.
“ gue suka banget sama dia “ jelas rendy.
“ lo yakin itu bukan perasaan sesaat ? “
“ gue suka banget. Kalo ngeliat mukanya gue suka ketawa, mukanya itu muka kartun “
“ gila ! emangnya temen gue animasi. Perasaan lo nggak sesaat kan ? “
Rendy tidak menjawab, dia diam dengan melemparkan senyuman tipis yang membuat perasaan Nanda sedikit tenang.
“ kenapa lo suka dia ? “
“ gue nggak tahu “
Apakah perasaan yang dihadapi Rendy muncul karena akhir-akhir ini Sahara dekat dengannya untuk mencomblangi Vita, teman sekelas Sahara. Pertanyaan timbul dalam hati Nanda yang tidak mungkin dia ucapkan pada Rendy dan Nanda merasa ibah pada Vita yang cintanya bertepuk sebelah tangan.

*           *           *

            Proses pendekatan  lancar tanpa sepengetahuan Pengurus Osis yang lain termasuk MPK, dan sepertinya Sahara sangat-sangat menikmati semua ini. Padahal bila mengingat ke belakang, Sahara mengucap janji akan menjodohkan Vita dengan Rendy dan dia menolak tegas setiap kali Rendy mengajaknya jalan. Tetapi batu tetaplah batu yang akan berlubang jika terus ditetesi air. Tidak jarang Rendy dan Sahara bermain atau sekedar mampir ke rumah Nanda  layaknya sepasang kekasih yang menunjukkan keselarasan dan kecocokan dalam hubungan.

*           *           *

            “ halo, siapa nih ? “ Tanya Nanda.
“ gue Sahara. Mau curhat nih, penting banget ! “
“ ada pa ? “
“ tadi setelah gue pulang dari rumah lo, dia nganterin pulang. Ternyata rumah gue kosong terus- “
“ terus kenapa ? “ Tanya Nanda antusias.
“ terus dia nyamperin gue ke kamar “
“ haah ?! “
“ iya, di kamar- “
“ di kamar ? ngapain lo ? “ Nanda semakin memburu.
“ sabar dong ! “
“ cepetan ! “
“ kita … kita… “
“ kita apa ? “
“ kita ciuman “ jelas Sahara.
Nanda memekik “ ciuman ?! “ tertarik untuk menggali lebih dalam “ jidad atau pipi ? “
“ emanganya gue anak kecil ? “ elak sahara.
“ maksud lo ? sok dewasa ! “
“ iya dong. Gue ini udah kelas dua SMA “
“  di mana ? “ Sahara agak ragu.
“ bibir. Gaya French kiss “
“ haaah ? “  Nanda Kaget “ gue makin nggak kenal sama lo “
“ dengerin dulu ! rasanya enak sih tapi asem-asem gitu, emang gitu yah ? “
“ duh ! mana gue tahu, gue belum pernah. Lagian lo cari bahaya aja deh “
“ santai aja, lagi “
“ santai ? “ tukas Sahara dengan nada tinggi.
“ yup. Nggak Cuma itu kok “
“ lo disihir dia jadi cewek nakal yah ? “
“ nggak. karena tahu enak, kita lanjutin deh “
“ lo nggak ML, kan ? “
“ belom “
“ jadi lo punya niatan kesana ? “
Sahara tertawa sangat memuakan, membuat Nanda jengkel.
“ dia cium leher gue. Pokoknya kita nikmatin banget deh ! “
“ gue stres denger cerita lo “
“ cepet atau lambat lo juga bakalan ngerasain “
“ jangan sampe. Sebelum gue nikah “ balas Nanda mengakhiri pembicaraan itu.

            Setelah kejadian itu, Sahara selalu terlihat sumringah, bahagia, dan dia tidak hanya melakukan hal itu sekali saja tetapi berkali-kali, bahkan di tempat umum, seperti taman kota. Memuakan bukan ???!! Dengan peristiwa itu, Nanda sedikit menjauh dan merasa sangat kehilangan sahabat terbaiknya yang ‘ dulu’.

            Rendy sering mengirim sms jitu kepada Sahara, membuat Sahara merem-melek membacanya. Sampai suatu ketika, MPK mengetahui hal itu. Untuk menyelamatkan hubungan mereka, Sahara mengundurkan diri dari kePengurusan Osis, sehingga Rendy tidak dikeluarkan. Rendy dan Sahara memutuskan untuk tidak terlalu sering menampakkan kemesraan mereka dan hal ini awal dari segalanya. Mulai dari sms rutin yang tidak pernah menemani malam Sahara, senyum dan sapaan yang tidak terlihat di sekolah sampai malam minggu yang hampa. Semua ini berjalan dua bulan seperti sudah berakhir padahal belum. Rengekan dan tangisan terlempar dari sahara dan kata-kata yang mewakili perasaan.
“ gue digantung sama Rendy “ ujar Sahara terisak.
Bertepatan dengan kejadian ini, lagu Melly Goeslaw yang berjudul Gantung sedang nge-tren di kalangan remaja.

*           *           *

            Hari ini Nanda ingin membantu sahara keluar dari masalahnya, Nanda menemui Rendy.
“ kenapa lo sakitin Sahara ? “ Tanya Nanda dengan ketus.
“ nggak pernah “
“ sial banget loh ! dengan entengnya ngomong kayak gitu. Sikap lo berubah sama Hara “
“ yah, gue nggak mau lebih jauh sama dia “
“ maksud lo, apa ? “ Tanya Nanda dengan nada yang sangat tinggi.
“ gue menang taruhan, dapetin first kiss dari Hara “
“ lo gila. Lo tuh Wakil Ketua Osis, tapi malah nyontohin hal biadab kayak gini ! “
“ so ? “
“ udah nggak ada kasta. Hak gue mau ngapain aja “
“ gue nyesel pernah ngebantu lo buat dapetin Hara, lo jahat banget “
“ untung lo ingetin, gue mau traktir lo. Kalo bukan karena lo gue nggak bakal menang “ jawab Rendy mengelus pipi Nanda.
Tamparan hangat melayang ke wajah rendy.
“ sampein maaf gue buat dia “
“ lo harus minta maaf langsung ! “
“ nggak “
“ harus !! “bentak Nanda.
“ gue cinta sama lo “ ujar Rendy. Sontak membuat Nanda kaget dan tercengang.
“ cinta punya bisnis tentang gue sama temen-temen lo yang nggak punya hati dan akal itu. BAJINGAN lo !!! “ tukas Nanda meninggalkan Rendy.

            Selama ini, pengorbanan Sahara tidak menghasilkan kebahagiaan. Kesedihan yang berkepanjangan menimpanya terlebih dua bulan dia menjalani hubungan sepihak tanpa komunikasi dan jawaban pasti. Pantas hal ini disebut ‘ menggantung ‘. Untungnya dengan cepat semuanya berakhir walau menyakitkan.

Dibuat    : Saturday, March 03, 2007




0 komentar:

Post a Comment

semakin dikorek semakin hot