Saturday, March 3, 2012

Bubur (serongan) Manado

Kenapa judulnya bubur serongan manado ? Karena abi nyerong dari resep bubur manado atau tinutuan yang sebenernya hahaha. Bubur manado itu kan harusnya pake daun gedi, tapi abi menolak keras masukin daun itu. Katanya kalo pake daun gedi, nanti jadi lengket mencret mencret gitu, jatohnya penampakan bubur jadi jemek jemek lumer kaya ingus, haduh fadluuuuuun lagi-lagi ingus. fuih ! hahahaha. Tapi biar bubur ini main serong, rasanya tetep yahuud. Abi kalo masak total banget sih hehehe.

Tau ga sejarah Bubur Manado ini ? Info yang gua dapet dari web iniKatanya :
Bubur Manado merupakan makanan yang berasal atau merupakan ciri khas dari daerah Manado Sulawesi Utara. Makanan ini terdiri dari bubur yang dicampur dengan berbagai sayuran dan bumbu. Dari cerita orang-orang tua, di jaman penjajahan Belanda, dimana kondisi ekonomi penduduk sangat rendah sehingga mereka kesulitan untuk memenuhi kebutuhan pangan keluarga. Dengan pertimbangan ekonomi dan sedikit tambahan unsur kreatifitas, penduduk pada jaman itu akhirnya mulai memanfaatkan bahan makanan yang bisa mereka peroleh di pekarangan rumah atau di kebun, seperti labu, ubi, daun pepaya, kangkung, jagung, gedi dan dengan mencampurnya bersama sedikit nasi, mereka memasak semua bahan makanan itu secara bersamaan. Dan terciptalah bubur manado atau yang kita kenal dengan tinutuan.
Ini nih penampakan bubur manado karya Abi J


Selamet Makan©

3 comments:

  1. uumm... yummy...
    aku jg suka makan bubur manado... apalagi kalau bikinan mama, pasti ada sambel terasi dan ikan asinnya... hehehe ^_^

    ReplyDelete
  2. hahaha bubur kamu nyerong juga ga ? :D

    ReplyDelete
  3. wah enaknya. . . . . mau dong. . .
    kunjungan malem ahhhh. . . da orangnya ndak ya. . .

    ReplyDelete

semakin dikorek semakin hot